Ibu Hamil Perlu USG?

20 Jan 2015

Beberapa hari lalu aku memeriksakan kandungan ke dokter spesialis kandungan di sebuah rumah sakit di Bekasi. Meskipun kehamilanku masih di trimester pertama. Bisa dibilang aku terpaksa ke dokter karena harus berkonsultasi soal kehamilan dan hobiku yang membuat banyak orang risih jika tetap kulakukan selama hamil. Traveling!

Kenapa kubilang terpaksa? Karena biasanya aku dokter jika ingin USG saja. Selebihnya, pemeriksaan rutin kulakukan di bidan dekat rumah. Bersyukur aku selalu diberi kehamilan yang sehat, rahim yang kuat, jadi aku tidak perlu sering-sering ke dokter untuk mendapat penanganan yang serius.

Dengan USG, kita bisa memang bisa mengintip bagaimana perkembangan bayi dari minggu ke minggu, bulan ke bulan. Sehingga kita bisa mengetahui apakah ada masalah serius atau tidak. Perkembangannya normal atau tidak. Kaki dan tangannya lengkap atau tidak. Janinnya tungal atau kembar, dan lain-lain.

Biasanya, aku ke dokter sepsialis kandungan saat usia kehamilanku sudah 4 bulan, 6 bulan, dan saat menjelng kelahiran. Ini kulakukan karena aku ingin mengetahui bagaimana perkembangan janin, dan dimana letak plasenta. Meskipun pada akhirnya dokter tetep ngasih bocoran jenis kelamin si jabang bayi. :D

Sesekali, mengetahui perkembangan janin dalam rahim melalui USG (ultrasonografi) bagiku adalah hal penting. Doaku sih agar perkembangan janin selalu sehat dan normal. Tetapi jika sampai ada hal yang tidak beres, dapat dideteksi secara dini. Jadi kita bisa mendapat penanganan intensif dari dokter ahli.

Kedua, aku juga merasa perlu mengetahui dimana letak plasenta menempel di dinding rahim. Alhamdulillah, dua kehamilanku yang terdahulu, plasentanya tidak menutupi jalan lahir bayi. Jadi selalu bisa melahirkan secara normal, tanpa operasi. Tetapi kalau pun ternyata menutupi jalan lahir, kita bisa mempersiapkan biaya operasi kelahiran sejak awal.

perkembangan-bayi-dalam-rahim

Biaya ke dokter spesialis mahal? Emang! Ini yang seringnya menjadi kendala buatku juga. Makanya nggak setiap bulan ke dokter kandungan kalau lagi hamil. Kalau nggak punya masalah keuangan sih sah-sah aja lho ke dokter spesialis setiap bulan. Kan buat anak memang semua harus yang terbaik.

Eits, tapi jangan salah juga. Sekarang ini banyak juga loh bidan yang sudah punya alat tempur macam itu. Pertengahan desember lalu ketika aku mulai telat haid, aku memutuskan untuk pergi ke bidan, untuk memastikan apakah aku benar-benar hamil atau tidak. Ya, meskipun di rumah sudah melakukan tespek sendiri.

Bagiku, pergi ke bidan saat awal kehamilan termasuk hal wajib juga. Karena jika memang positif hamil, bidan akan memberi vitamin tambahan. Untuk apa lagi tujuannya jika bukan untuk kesehatan janin, kan?

Nah, di bidan yang buka praktek di rumahnya itu, yang rumahnya juga nggak jauh dari rumahku, aku melihat sebuah alat USG terpasang manis di sisi ranjang pemeriksaan pasien.

Aku lalu tergelitik untuk bertanya, berapa biaya USG-nya. Lumayan mengejutkan karena biayanya relatif murah. Jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tarif USG di dikter spesialis. Asiknya lagi, saat pemeriksaan rutin di bidan, kita bebas memilih mau USG atau tidak. Berbeda dengan dokter yang biasanya, jika kita datang, yang langsung diajak USG.

Aku jadi membandingkan nih, uang yang kukeluarkan beberapa hari lalu saat konsul ke donter spesialis kandungan sekitar 430 ribu rupiah. Biaya ini untuk membayar jasa konsultasi dokter, USG, dan vitamin yang diberikan.

Nah kalau di bidan dekat rumah, cuma perlu 150 ribu rupiah saja, untuk jasa konsultasi, USG, dan vitaminnya. Wow banget kan?

By the way, di kehamilanku yang ketiga sekarang ini, aku bersyukur karena aku kembali diberi kehamilan yang sehat san bahagia. Berdasar review dokter, aku masih bisa tetap traveling, asal bukan hiking atau naik gunung yang menguras energi.

Dokter berpendapat demikian setelah melihat kembali riwayat kehamilanku yang pertama dan kedua. Tidak pernah ada flek (bercak darah) di celana dalam. Tidak pernah keguguran (jangan sampe keguguran, aamiin). Tidak mengalami morning sickness. Nafsu makan baik. And all are good! Alhamdulillah.

Tentu saja kondisi setiap perempuan itu berbeda. Maka, jika kalian termasuk yang memiliki masalah dengan rahim dan kehamilan. Ada baiknya ke dokter untuk mendapat saran. Kalau semua ok, yuk traveling bareng aku! :D

*****

Sumber foto janin: kesehatan.us


TAGS Pregnancy


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post